Senin, 26 Desember 2011

Bisa Karena Biasa

Menghilangkan kebiasaan buruk memang agak susah, tapi memulai kebiasaan baik sepertinya malah lebih susah. Mungkin dua-duanya perlu waktu yang cukup dan berbeda bagi tiap individu untuk menghilangkan atau memulainya. Hal terpenting yang sangat mempengaruhinya adalah niat.
Ya, Niat.
Dengan niat yang kuat, Insya Allah walau awal-awalnya terasa berat, tapi akan terasa ringan saat kita mulai menjalaninya.

Bagi sebagian orang yang sudah terbiasa dengan kebiasaan buruk atau baik, bisa dipastikan akan merasa "ada yang kurang" kalau kebiasaan itu tidak dilakukan. Kalau bahasa kerennya mungkin "kecanduan" ya...
Masih mending kalau kecanduannya itu untuk kebiasaan yang baik, lha kalau untuk kebiasaan buruk...., itu akan beresiko bahkan bisa berbahaya, baik bagi dirinya maupun bagi orang-orang di sekelilingnya apalagi dilakukan dalam jangka waktu yang lama.

Oia, satu hal lagi yang tak kalah pentingnya adalah Ikhlas. Kalau dibarengi dengan Ikhlas dalam menjalaninya, tujuan yang ingin dicapai akan lebih cepat. Memang sih mudah untuk sekedar di bicarakan, kalau prakteknya itu lebih sulit dari mengerjakan soal Matematika ( pengalaman pribadi hehehe.... ).
Kapan lagi ya menghilangkan kebiasaan buruk dan memulai kebiasaan baik ?. Mumpung masih ada waktu, yuk...mulai dari sekarang dan mulai dari diri sendiri ( copas Aa Gym ), mudah-mudahan kebiasaan baik yang kita lakukan akan menular pada orang-orang di sekitar kita.

Demi kebaikan kita semua, kalau masih susah dengan " Niat & Ikhlas ", maka metode yang harus dicoba adalah " Paksa ". Paksakan hingga bisa, dan setelah bisa akan jadi terbiasa.

Wallahu'alam.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar